Infographic 1000 Tahun Kejayaan Pertanian Islam

Diantara pengunjung situs ini tentu banyak yang tidak sempat membaca tulisan saya yang kadang memang harus saya tulis panjang lengkap dengan referensinya. Oleh karenanya saya akan mulai juga membuat versi tulisan pendek, atau menampilkannya secara grafis hal-hal penting yang ingin saya sampaikan pada tulisan-tulisan tersebut. Berikut adalah contohnya.

Cetak Biru Pertanian Andalusia yang saya tulis pekan lalu (21/10/15) misalnya, saya pikir ini informasi penting untuk kita ketahui karena dunia-pun mengakui bahwa Islam-lah yang sesungguhnya menghadirkan pertanian modern di dunia ini.

Ada penulis barat yang mengakui revolusi pertanian Islam itu berlangsung selama 4 abad – yaitu di masa Islam memimpin di Andalusia dan puncak kemajuan pertaniannya berlangsung antara abad 2 H- 6 H (8 M-12 M). Ada lagi yang menulis bahwa Islam menguasai pertanian dunia selama 1,000 tahun yaitu dari masa di Andalusia kemudian dilanjutkan oleh Turki Usmani – dan baru berakhir ketika penjajah Napoleon memasuki Mesir di awal abad 19.

Bagi saya sendiri berapa lama Islam menguasai dunia pertanian tidaklah terlalu penting, yang lebih penting adalah apakah kita bisa mengambil pelajarannya. Apa yang membuat Islam dahulu berjaya di pertanian, insyaAllah juga bisa kita ulangi apabila kita mengikuti prinsip-prinsip yang sama.

Prinsip-prinsip kejayaan pertanian Islam itulah yang ingin saya sampaikan pesan pentingnya, sehingga mudah kita ikuti dan sedapat mungkin amalkan. Bentuk apa pengamalannya ? Itulah yang selama ini kita kampanyekan untuk mulai umat ini bersyirkah dalam lahan, air dan api.

Memang bentuk konkrit yang kita mulai baru bersyirkah dalam penguasaan dan pengelolaan lahan – seperti program KKP (Kepemilikan Kebun Produkstif)- yang setelah unitnya habis di Jonggol insyaAllah akan segera mulai di Banten dan Daerah Istimewa Yogyakarta, sangat mungkin kedepannya kita juga akan bisa bersyirkah dalam hal pengelolaan air dan api (energi).

Maka message yang clear tentang apa yang akan kita lakukan itu, insyaAllah akan lebih mudah nyantol – bila dilengkapi dengan infografis seperti dibawah ini. Semoga bermanfaat.

1000 tahun, agropolis.asia...

One Comment

  1. Arina Hidayati 08/01/2016 11:55

    Subhanallah, sangat ingin menjadi santri di madrasah al filaha…bagaimana caranya ya? semoga Allah perkenankan

Post a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*