Irisan Iman

Alam istilah matematika yang disebut irisan adalah bagian dari himpunan yang menjadi anggota dari dua himpunan atau memenuhi syarat keanggotaan kedua himpunan. Solusi-solusi kehidupan yang diberikan Allah di dalam Al-Qur’an menjadi lebih mudah dipahami antara lain juga dengan menggunakan konsep irisan dalam himpunan ini. Berikut adalah contoh penggunaannya.

Lebih dari 10 % ayat-ayat di Al-Qur’an atau sekitar 700-an ayat yang menyebut kata iman. Ada sekitar 60 ayat dimana kata iman disebut bersamaan dengan kata amal saleh, sekitar 20 ayat disebut bersamaan dengan kata takwa dan setidaknya ada 6 ayat disebut bersamaan dengan kata tawakkal.

Pada irisan kata-kata tersebutlah Allah menyimpan sejumlah solusi kehidupan baik di dunia maupun di akhirat nanti. Untuk menjawab persoalan umat saat ini misalnya, mengapa umat yang mayoritas ini terperdaya oleh yang minoritas ? mengapa umat tidak memimpin di icon negeri ini yaitu Jakarta ? dlsb.

Jawabannya adalah ada di irisan antara iman dan amal saleh. Orang-orang yang beriman harus juga memperbanyak amal saleh-nya agar mereka diteguhkan oleh Allah di perbagai bidang yang digelutinya dan dijadikan pemimpin di bidangnya masing-masing.

“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi…” (QS 24:55)

Persoalan tidak bisa bersatunya umat juga berada pada irisan yang sama yaitu antara iman dan amal saleh. Bila umat sampai pecah, bukan hanya kongsi dagang yang bisa pecah – kongsi urusan dakwah-pun bisa pecah bila tidak ditopang oleh orang-orang yang beriman dan beramal saleh.

“… Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebahagian mereka berbuat lalim kepada sebahagian yang lain, kecuali orang orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh; dan amat sedikitlah mereka ini…” (QS 38:24).

Solusi kehidupan secara umum-pun berada di irisan iman dan amal saleh ini. Carut marutnya kehidupan insyaAllah selalu bisa diperbaiki dan berganti dengan hayaatan thoyyibah atau kehidupan yang baik – syaratnya bila ada iman dan amal saleh ini juga !

“Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS 16:97)

Ibnu Katsir ketika menjelaskan maksud kehidupan yang baik dalam ayat ini adalah menyebutkan termasuk segala kehidupan yang baik di dunia maupun di akhirat. Ini juga sejalan dengan do’a universal kita ketika minta kebaikan di dunia dan di akhirat – dan sekaligus memberi jawaban atas pertanyaan bilamana do’a kita terjawab ? salah satunya adalah bila kita beriman dan beramal saleh seperti yang dijanjikan di ayat tersebut.

Dan masih sangat banyak lagi solusi-solusi kehidupan yang bisa kita gali di antara irisan-irisan iman, amal saleh, takwa dan tawakkal. Kuncinya adalah kita yakin bahwa Al-qur’an adalah jawaban untuk semua persoalan kehidupan (QS 16:89) ; maka dengan keyakinan dan ketakwaan kita itu, insyaAllah Allah akan mengajari kita segala ilmu yang kita butuhkan untuk mengatasi persoalan hidup kita (QS 2:282).

Bahkan di atas ilmu ada hikmah, yaitu penguasaan yang sangat mendalam pada setiap inti persoalan – yang hanya diberikan oleh Allah kepada orang-orang yang dikehendakiNya. Orang-orang yang disebut ulul albab inilah yang oleh Allah diberi kebaikan yang sangat banyak (QS 2:269).

Infografik berikut saya gunakan untuk pencarian solusi-solusi berbasis Al-Qur’an untuk segala persoalan kehidupan, barangkali juga berguna untuk pencarian Anda.

irisan iman, www.MadrasahPertanian.com..

Post a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*