Studium Generale On Islamic Agriculture

Lebih dari 30 tahun lalu seorang professor di University of Pennsylvania mengejutkan dunia pendidikan barat melalui bukunya, yang antara lain mengungkapkan bahwa sesungguhnya dunia barat banyak sekali belajar tentang pendidikan dari dunia Islam. Professor tersebut adalah Professor George A. Makdisi yang menulis buku The Rise of Colleges – Institutions of Learning in Islam and the West (Edinburg University Press, 1981). Tradisi yang dibawa dari Islam ini mulai dari cara berpakaian para guru besar, cara duduk dan tempat duduknya, konsep pemberian ijazah sampai apa yang sekarang popular dengan sebutan Studium Generale.

Konsep Studium Generale berasal dari abad ke 13 ketika Islam masih berjaya di Andalusia. Studium Generale adalah tempat dimana para murid atau siapa saja dan dari mana saja bisa bergabung dalam suatu pengajaran subject tertentu. Studium Generale inilah yang di lingkungan pendidikan Kuttab Al-Fatih juga kami hidupkan kembali utamanya di awal tahun ajaran baru.

Lebih dari itu Studium Generale juga menjadi ajang untuk memperkenalkan konsep atau ilmu baru ke masyarakat luas, sehingga ilmu baru tersebut dapat dikritisi, diberi masukan, disempurnakan dan tentu akhirnya untuk disebarluaskan ke masyarakat dan diambil manfaat yang sebesar-besarnya.

Maka karena sejak saya memperkenalkan istilah Islamic Agriculture banyak sekali yang ingin tahu konsep detilnya tentang pertanian Islam ini, cara terbaik untuk menjelaskan secara detil dan sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul adalah melalui sebuah Studium Generale ini.

InsyaAllah menjelang Ramadhan 1436 H ini, tepatnya hari Sabtu 13 Juni 2015 kami akan mengadakan Studium Generale On Islamic Agriculture di Startup Center – Jalan Juanda 43 Depok, mulai pukul 09:00 s/d 12:00.

Sebagaimana penjelasan di atas Studium Generale ini boleh diikuti oleh siapa saja yang berminat, namun karena keterbatasan tempat parkir kendaraan – peminat diharapkan mendaftar lebih dahulu melalui email di kontak situs ini atau melalui ceo@waqf.id. Hanya 100 orang pendaftar pertama yang diperkenankan untuk bergabung.

Secara umum isi dari Stadium Generale ini adalah gabungan dari konsep Islamic Agriculture-nya sendiri dan sekaligus jawaban atas segala pertanyaan yang selama ini diajukan ke kami, oleh karena itu isinya kurang lebih akan sebagai berikut :

1. Mengapa sampai perlu ada Islamic Agriculture ?

2. Apa yang dicari dunia pertanian saat ini ?

3. Nilai-nilai apa yang membedakan Islamic Agriculture dengan pertanian pada umumnya ?

4. Bagaimana Al-Qur’an berbicara tentang pertanian ?

5. Bagaimana aplikasinya di lapangan di jaman modern ini ?

6. Bagaimana masalah-masalah klasik dunia pertanian seperti tanah, air, iklim ditangani ?

7. Bagaimana pula dengan problema pupuk/kesuburan tanah dan penyakit-penyakit tanaman diatasi ?

8. Dimana peluang yang terkait dengan aplikasi Islamic Agriculture ini bagi pemula maupun bagi para petani komersial ?

9. Dlsb.

Bagian yang tidak terpisahkan dari pertanian adalah juga penguasaan pasar, maka pada kesempatan Studium Generale ini juga akan kami launch secara resmi Sale and Share Society yang sudah kami bicarakan sejak beberapa bulan lalu.

Anda yang tertarik bergabung, silahkan menghubungi kami segera selagi tempat masih ada. Acara ini adalah gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Namun bila Anda ingin berkontribusi sehingga acara-acara sejenis dapat lebih sering diadakan untuk berbagai topik keilmuan lainnya, silahkan bila hendak berinfaq atau berwakaf ke Yayasan Dana Wakaf Indonesia – dengan cara di email pendaftaran Anda untuk bergabung di Studium Generale ini Anda sebutkan juga bahwa Anda ingin berkontribusi infaq/wakaf, nanti team panitia yang akan memandu lebih jauh. InsyaAllah.

Oleh: Muhaimin Iqbal (www.geraidinar.com)

3 Comments

  1. Marifah 20/12/2015 09:49

    Saya penggemar artikel anda di http://www.geraidinar.com dan saya berminat memajukan daerah tempat saya mengabdi di Berau Kalimantan Timur…

    Mau bertanya berapa biaya pelatihan madrasah al-filaha bulan januari dan berapa lama pelatihannya?
    Terima kasih

  2. sunaryo 05/08/2016 06:40

    Gmn cara pendaftaran untuk santri Al Filaha karena ingin belajar pertanian lebih mendalam dan nantinya bisa di aplikasikan dlam kehidupan sehari dg masyarakat sekitar trimakasih

Post a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*